Jan 2, 2007

Antara Gua Sha ( 刮痧) dan "Kerokan"



Kebiasaan bawaan dari Indonesia emang susah hilang. Salah satunya tradisi pijat dan kerokan. Tempat pijat & spa masih bisa dicari disini, menurut gw sih lebih bagus tekniknya karena mereka kombinasi dengan tuina, pijat ala chinese, yang lebih ke deep tissue massage and lomi-lomi. Kalau therapistnya agak kurang pengalaman emang agak kasar jadinya, tapi banyak independent spa spt Dragonfly (*tempat favorit kalo lagi mampir ke Shanghai) biasanya tekniknya sdh dikombinasi dgn Thai massage, agak lebih halus lah.

Masalahnya, kalau masuk angin ini yang parah. Mau kerokan dimana? Sementara gw nggak terlalu sreg sama cupping. Aneh ajalah, nggak biasa! Konsep "masuk angin" buat Michael kedengeran absurd banget. Mana mungkinlah, dia protes abis-abisan dengan logikanya. Ternyata logika bubar dengan artikel dari TCM bahwa orang china percaya dengan konsep masuk angin..... Huahahahhaha.

Chi yang terganggu alirannya, bisa jadi penyebab salah satunya ya masuk angin itu, yang nggak jelas sebenernya flu, migren, mual, panas dingin, atau apalah.... pokoknya nggak enak badanlah. Berhubung badan udah bener-bener nggak karuan rasanya, gw panggil salah satu therapist ke apartment.

Agak kaget juga waktu ngeliat dia bawa perlengkapan 'kerokan' ala china. Kok tau-taunya sih kerokan tanpa penjelasan penuh sebelumnya? Bentuknya mirip sendok sepatu, atau semacam sisir serit - tanpa seritnya dong, dari tanduk. Kalau kerokan ala Indonesia biasanya berakhir dengan design 'tulang ikan' di punggung, sementara "gua sha" nggak pake design khusus, dimana aja yang kira2 masuk angin. Bisa merah sepunggung-punggung, fokusnya sih di sepanjang tulang belakang.





Sangking gak peduli, hampir gak inget kalau gw sekarang tinggal di China, dengan kebudayaan & teknik pengobatan tertua di dunia. "Gua sha" ternyata sudah dikenal hampir 2000 tahun yang lalu ternyata. Hmmm, orang Indonesia lagi pada sibuk ngapain ya jaman itu?

Oh ya, buat para Newbies Kerokan, bisa lihat Teknik Kerokan Untuk Pemula dari Hericz. Ancur banget ...... :D