Feb 18, 2007

Chinese New Year


Happy Chinese New Year everyone.... Gong Xi Fa Cai.
Udah dari jam 5 sore tadi orang2 disini mulai rame pasang petasan dan kembang api. Nggak tanggung-tanggung mereka kalo main petasan loh. Ngalah-ngalahin petasan menjelang Lebaran di Jakarta. Kita punya petasan renceng cabe rawit yang namanya memang sesuai dengan bentuknya, kecil2 tapi suaranya dahsyat nyebelinnya. Trus ada juga petasan banting, belom lagi petasan yang disundut satu2, petasan irit kali ya..... bunyinya sama juga bikin sakit kuping.

Lain di Jakarta, lain di Cina. Lebaran cina pertama kali dilewatkan di Beijing. Petasan bukan cuma mainan anak kecil seperti di Jakarta, disini hukumnya wajib pasang petasan, termasuk owner2 hotel berikut direktur-direktunya. Ukurannya juga nggak tanggung2, bukan rencengan lagi, tapi sudah gulungan yang dikemas segede ban mobil!!! Ya ampuuunnn.... Cara masangnya juga nggak digantung, tapi diletakkan di tanah, trus ban petasan itu digulirkan panjaaaaaanggggg kira2 bisa 5 - 7 meter.
Itu baru petasannya. Belum kembang apinya.

Jadi inget jaman kecil dulu, kembang api dikemas di bungkusan dengan 10 tangkai kembang api yang cuma seukuran tusuk sate. Disini kembang api dikemas segede-gede ember. Gue pernah beli di market, ternyata seember itu beratnya kira2 5KG, 10KG dan seterusnya. Makin besar, makin lama sampai kira2 20 menitan baru habis. Dan itu suaranya lumayan berisik....

Kebayang aja deket2 tengah malam di Changshu sini, orang2 udah pada mulai semangat pasang kembang api dan petasan tanpa berenti. Tiap pojok rumah, atap2 gedung dan jalanan, semuaaaaa pasang beginian. Halaaaahhh..... gimana mau tidur nech??

Foto2 di bawah diambil dari jarak yang deket banget, secara ada orang pasang pas banget di depan balkoni apartment kita.









No comments: